Makan Pempek / Mpek Mpek di Singapore | Taste of Nusantara Indonesian Delight

Di kenal sebagai fish cake di negara singa Singapore, mpek mpek atau bisa juga di sebut empek-empek atau dalam bahasa resmi nya “Pempek” adalah salah satu makanan kegemaran orang Indonesia – paling tidak, saya menyukai nya.

Walaupun berasal dari Palembang tapi bukan berarti pempek cuma ada di Palembang…

Sebagai salah satu makanan kegemaran bangsa, pempek bisa di kategorikan sebagai makanan berat (ada yang makan siang cuman makan mpek mpek…ehmm toel orang Palembang dan Jambi…) juga bisa di kategorikan sebagai jajanan.

Pempek pun relatif mudah di temukan di berbagai belahan Indonesia, di Jakarta dan Bekasi contoh nya. Mulai dari abang-abang yang jualan di sekolahan, di pinggir jalan sampai di food court dan restoran. Di daerah Bekasi, bahkan ada restoran yang nama nya pempek Gaby, yang jualan makanan seputaran pempek dan makanan khas Palembang lain nya, resto ini selalu ramai oleh pengunjung.

Tapi alangkah sayang nya buat yang merantau ke negara tentangga Singapura, sejauh ini belum pernah lihat dan nemu ada yang jualan pempek di restoran maupun di food court atau hawker center. Ada sih yang jualan di forum atau milis, tapi sifat nya cuma seasonal dan cenderung berharga premium :).

Akhirnya ketemu yang jual Pempek di Singapore!

Sampe akhirnya, pada Minggu kemarin (tanggal 17 November 2019), istri dan saya, dengan bantuan salah satu group Facebook yang isinya orang Indonesia tapi tinggal di Singapore, menemukan tempat makan Indo baru. Nama nya Taste of Nusantara Indonesian Delight.

Awalnya kami berdua berencana datang kesana untuk membeli gado gado. Sebagai informasi saja, kami datang bukan di jam makan dan kebetulan perut juga masih penuh, alhasil mencari jajanan saja. Dan alangkah terkejutnya ketika sampai di sana, istri saya melihat menu mpek mpek. Langsung deh kami berdua putar haluan dari gado-gadi beralih memesan mpek mpek.

Alamat Taste of Nusantara Indonesian Delight

Taste of Nusantara Indonesian Delight ini letak nya ada di dalam hawker center. Berikut detail alamat Taste of Nusantara Indonesian Delight buat yang penasaran dan nggak sabar mau kesana.

Alamat31 Kelantan Lane #01-12, Singapore S200031
Cara menuju ke sanaPaling gampang naik MRT dan turun di Jalan Besar MRT, kemudian ambil Exit B.
Dari Exit B, tinggal nyebrang jalan menuju ke Kelantan Road dan belok deh ke Kelantan Lane.
Hari bukaSenin – Minggu, tetapi Sabtu tutup.
Jam operasional11am to 7pm.
Waktu terbaik untuk visitJam 3-4 sore hari Minggu (no antrian!).
Makanan must tryOf course, Pempek!

Beralamat di sekitaran Jalan Besar, hawker ini lokasi nya dekat dengan Jalan Besar MRT tapi bukan di jalan utama Jalan Besar – alhasil tidak begitu ramai – paling tidak itulah yang saya lihat dan alami ketika singgah di sana di hari Minggu.

Rekomendasi: Buat yang mau singgah kesana, cuma info saja. 2 Minggu kemarin (dari tanggal artikel ini di buat) istri dan saya datang ke lokasi makan jam 6.30 sore dengan harapan bisa menyantap makan malam disana. Alangkah tidak beruntungnya kami berdua, walaupun si empu-nya stall masih di sana, tapi dia sudah berberes-beres dan mau tutup. Tenggorokan bengkok deh.

So buat yang mau datang dan makan, bukan cuma datang dan kecewa, datang nya jangan mepet-mepet jam tutup ya karena kelihatan nya, kalau sepi order, si empu-nya stall bisa tahu-tahu tutup.

Nih lokasi nya di Google Map.

Silahkan di zoom in dan out sepuas nya.

Sayangnya mereka nggak registrasi hawker center mereka di Google map. Lokasi hawker center-nya tepat berada di bawah MSCP (Multi Storey Car Park).

Review Rasa Pempek buatan Taste of Nusantara Indonesian Delight

Buat yang sudah baca sampai sejauh ini, pasti nyari review nya. Saya cuma baru pesan menu mpek mpek saja loh ya. Menu lain nya saya belum coba, karena seperti yang saya ulas di atas, jam berkunjung saya agak nanggung. Sampe di hawker center tersebut kira-kira jam 4 sore dan perut masih kenyang, jadi mau cari yang ringan saja. Awalnya mau pesan gado-gado, tapi istri melihat ada mpek mpek, jadi beli mpek mpek deh.

Setelah menunggu kira-kira 15 menit, makanan nya datang (di antar loh!), mpek mpek nya beraroma ikan tenggiri.

Makan Pempek di singapore jilaxzone.com
Makan Pempek Palembang di Singapore. Yummy!

Buat yang pernah tinggal atau kerja di Jakarta (atau sekitar nya) dan beli mpek mpek di sana, nah rasa nya mirip, baik mpek nya maupun kuah nya (orang Palembang sebut nya “cuka”).

Buat saya yang pernah ke Palembang dan coba mpek mpek asli Palembang, rasa pempek dan cuka nya di Taste of Nusantara Indonesian Delight ini memang belum bisa di bandingkan dengan yang saya makan di Palembang. Tapi buat seorang perantau seperti saya, yang kangen makan mpek mpek, bisa nemu dan makan mpek mpek di Singapore itu sudah lebih dari cukup. Apalagi mengingat harga nya yang termasuk terjangkau. 1 piring harga nya $4 saja untuk 4 buah mpek mpek “lenjer” atau “lonjor”.

Bagaimana dengan menu lain nya.

Karena saya belum cobain, jadi nggak bisa komentar banyak. Berikut gambar nya.

Menu Taste of Nusantara Indonesian delight jilaxzone.com
Daftar menu dan harga Taste of Nusantara Indonesian Delight

1 gambar bisa mewakilkan 1000 kata, so berikut daftar menu dan harga nya.

Banyak tuh kan pilihan nya dan harga nya ramah di kantong! Ada juga menu jengkol dan pete loh!

Bungkus! (Baca: Summary ringkasan)

Buat yang mau berkunjung ke sana, pastikan jangan datang hari Sabtu yah. Karena hari Sabtu, stall Taste of Nusantara Indonesian Delight nya tutup.

Katering makanan indo di singapore jilaxzone.com
Buat yang mau katering atau pesta, nih contact number nya Taste of Nusantara Indonesian Delight

So tunggu apalagi. Kalau kalian bingung mau kemana dan makan apa, datang dan cobain deh mpek mpek nya dan kasih komen nya di bawah sini.

Buat yang mau cerita lain seputar Singapore, nih temukan di mari.


Do you have anything you want me to cover on my next article? Write them down on the comment section down below.

Alternatively, find more interesting topics on JILAXZONE:

FREE!LifeTech
How-ToPositive Cash FlowAndroid
TravelAll articlesiOS & iPhone

JILAXZONE – Jon’s Interesting Life & Amazing eXperience ZONE.


Hi, thanks for reading my curated article. Since you are here and if you find this article is good and helping you in anyway, help me to spread the words by sharing this article to your family, friends, acquaintances so the benefits do not just stop at you, they will also get the same goodness and benefit from it.

Or if you wish, you can also buy me a coffee:

buymeacoffee_jilaxzone.com

Thank you!

Live to Share. Share to Live. This blog is my life-long term project, for me to share my experiences and knowledge to the world which hopefully can be fruitful to those who read them and in the end hoping to become my life-long (passive) income.

My apologies. If you see ads appearing on this site and getting annoyed or disturb by them. As much as I want to share everything for free, unfortunately the domain and hosting used to host all these articles are not free. That’s the reason I need the ads running to offset the cost. While I won’t force you to see the ads, but it will be great and helpful if you are willing to turn off the ad-blocker while seeing this site.

2 thoughts on “Makan Pempek / Mpek Mpek di Singapore | Taste of Nusantara Indonesian Delight

  • July 30, 2020 at 10:18 am
    Permalink

    hi jonathan, thanks for your review. really helpful. i love pempek but true mostly it’s not same with the original (difficult to accept rate ‘similar’ for foods 😥) …

    Reply
    • August 1, 2020 at 7:53 am
      Permalink

      Hi Netasia,

      Thanks for commenting out. True, they are not the same especially if you compare with the one you eat at Palembang or Jambi, but here we are in Singapore – they may be localised so they may be acceptable to us here, but it’s still better than nothing.
      Hopefully I can share more when I can find other Pempek makan place here in Singapore 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.