Biaya Bikin SIM 2018 – Untuk SIM A dan SIM C

Entah berasa atau nggak bagi kalian, tapi Indonesia sekarang lebih transparan, lebih terbuka dan lebih efisien dalam urusan yang berhubungan dengan pemerintah, seperti bikin atau perpanjang SIMkendaraan bermotor.

Baru-baru ini saya perpanjang SIM saya, selain tempat nya terbilang praktis – untuk Kota Bekasi bisa di cek disini – biaya nya pun transparan. Tidak ada lagi sogok-menyogok, tidak ada lagi calo dan memang tidak perlu lagi pakai calo. Bahkan kalau ketahuan pakai calo, polisi nggak akan mau urus SIM kalian. So jangan pakai calo yah.


Find other awesome articles, tips, tricks related to Life and Tech, iOS & Android quick review on:

http://jilaxzone.com


 

Berikut Biaya yang di butuhkan untuk membuat SIM A dan SIM C

Biaya Perpanjang SIM Kota Bekasi jilaxzone.com
Biaya Perpanjang SIM 2018 untuk SIM A dan SIM C

Semua biaya di bawah ini berdasarkan pengalaman saya sendiri perpanjang SIM di Kota Bekasi. Kota lainnya harusnya sama.

Bikin Baru SIM A

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 120,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp 175,000 (Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).

 

Perpanjang SIM A

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 80,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp 135,000 (Seratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah).

 

Bikin Baru SIM C

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 100,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp. 155,000 (Seratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah).

 

Perpanjang SIM C

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 75,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp 130,000 (Seratus Tiga Puluh Ribu Rupiah).

 

Total Biaya SIM A dan SIM C

Februari 2018 kemarin, saya perpanjang SIM A dan SIM C, total biaya Rp. 265,000. Termasuk murah bukan? Coba bandingin kalau pakai calo, Rp. 300,000 pun nggak dapat tuh 1 SIM. Ngapain pake calo lagi, sekarang mudah sekali koq bikin dan perpanjang SIM. Cobain deh!

 


For Life & Tech tips, iOS & Android Apps and Games quick review, do visit below:

http://jilaxzone.com/


Hi, thanks for reading my article. I do spend my time and efforts writing this article based on my own experiences for my own journal as well as to share the knowledge to whoever read it so hopefully they can get the benefit out of it

If you find and feel this article is good and helping you in anyway, help me to spread the words by sharing this article to your family, friends, acquaintances so all this goodness, my spent time and efforts do not just stop at you, they will also get the same goodness and benefit from it.

Thank you!

9 thoughts on “Biaya Bikin SIM 2018 – Untuk SIM A dan SIM C

  • July 16, 2018 at 12:59 pm
    Permalink

    haloo sory om mau tanya kalo untuk warga selain kota bekasi, misal warga kabupaten bekasi bisa bikin disini juga gak ya??
    dan untuk sim keliling sudah bener2 gak operasi lagi kah??
    thx

    Reply
    • July 18, 2018 at 7:37 am
      Permalink

      Halo Mas Putra,

      Semua orang, Bekasi atau bukan, sekarang bisa bikin atau perpanjang SIM di Mal Pelayanan Publik.
      Dan memang sejak Mal Pelayanan Publik beroperasi, sudah nggak ada lagi SIM keliling.

      Reply
      • July 21, 2018 at 12:44 pm
        Permalink

        Terus mas kalo emg di mal pelayanan publik bisa bikin sim baru pake tes2 yg biasa di lakukan sebelum bikin sim baru di polres gak mas

        Reply
  • July 18, 2018 at 5:16 pm
    Permalink

    Kalau perpanjang SIM A dan SIM C sekaligus apakah biaya surat kesehatan dan asuransi nya masing2?

    Reply
    • July 19, 2018 at 6:47 am
      Permalink

      Halo Uchiet,

      Iyah, sayang nya mereka nggak bisa di gabungin walaupun perpanjang nya besamaan. Jadi tetap harus bayar masing-masing.

      Reply
  • July 21, 2018 at 12:41 pm
    Permalink

    Mas tanya dong emg bener di mal pelayan publik bisa langsung bikin baru sim kalo bisa disana gak pake tes2 lagi dong

    Reply
    • July 23, 2018 at 5:43 am
      Permalink

      Halo Fachrika,

      Untuk bikin SIM baru masih harus ke Polres. Di Mal Pelayanan Publik cuma bisa perpanjang SIM saja.

      Reply
  • August 3, 2018 at 5:45 pm
    Permalink

    hey min saya rumah di kabupaten bekasi . saya bikin ektp baru lama sekali ya di kabupaten bekasi. baru ada kabar dari kecamatan nya malah di bikin KTP SUKET. kalau saya mengajukan pembuatan ektp saya di sana bisa?

    Reply
    • August 4, 2018 at 6:27 am
      Permalink

      Halo Mbak Martha,

      Saya sendiri jujur belum pernah coba, tapi kemungkinan besar sih bisa. Di coba saja ya. Nanti beritahukan disini lagi kalau sudah, bisa atau nggak nya 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *