Biaya Bikin SIM 2018 – Untuk SIM A dan SIM C

Entah berasa atau nggak bagi kalian, tapi Indonesia sekarang lebih transparan, lebih terbuka dan lebih efisien dalam urusan yang berhubungan dengan pemerintah, seperti bikin atau perpanjang SIMkendaraan bermotor.

Baru-baru ini saya perpanjang SIM saya, selain tempat nya terbilang praktis – untuk Kota Bekasi bisa di cek disini – biaya nya pun transparan. Tidak ada lagi sogok-menyogok, tidak ada lagi calo dan memang tidak perlu lagi pakai calo. Bahkan kalau ketahuan pakai calo, polisi nggak akan mau urus SIM kalian. So jangan pakai calo yah.


Find other awesome articles, tips, tricks related to Life and Tech, iOS & Android quick review on:

http://jilaxzone.com


 

Berikut Biaya yang di butuhkan untuk membuat SIM A dan SIM C

Biaya Perpanjang SIM Kota Bekasi jilaxzone.com
Biaya Perpanjang SIM 2018 untuk SIM A dan SIM C

Semua biaya di bawah ini berdasarkan pengalaman saya sendiri perpanjang SIM di Kota Bekasi. Kota lainnya harusnya sama.

Bikin Baru SIM A

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 120,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp 175,000 (Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).

 

Perpanjang SIM A

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 80,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp 135,000 (Seratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah).

 

Bikin Baru SIM C

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 100,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp. 155,000 (Seratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah).

 

Perpanjang SIM C

Kesehatan: Rp. 25,000

SIM: Rp. 75,000

Asuransi: Rp. 30,000

Total: Rp 130,000 (Seratus Tiga Puluh Ribu Rupiah).

 

Total Biaya SIM A dan SIM C

Februari 2018 kemarin, saya perpanjang SIM A dan SIM C, total biaya Rp. 265,000. Termasuk murah bukan? Coba bandingin kalau pakai calo, Rp. 300,000 pun nggak dapat tuh 1 SIM. Ngapain pake calo lagi, sekarang mudah sekali koq bikin dan perpanjang SIM. Cobain deh!

 


For Life & Tech tips, iOS & Android Apps and Games quick review, do visit below:

http://jilaxzone.com/


Hi, thanks for reading my article. I do spend my time and efforts writing this article based on my own experiences for my own journal as well as to share the knowledge to whoever read it so hopefully they can get the benefit out of it

If you find and feel this article is good and helping you in anyway, help me to spread the words by sharing this article to your family, friends, acquaintances so all this goodness, my spent time and efforts do not just stop at you, they will also get the same goodness and benefit from it.

Thank you!

29 thoughts on “Biaya Bikin SIM 2018 – Untuk SIM A dan SIM C

  • July 16, 2018 at 12:59 pm
    Permalink

    haloo sory om mau tanya kalo untuk warga selain kota bekasi, misal warga kabupaten bekasi bisa bikin disini juga gak ya??
    dan untuk sim keliling sudah bener2 gak operasi lagi kah??
    thx

    Reply
    • July 18, 2018 at 7:37 am
      Permalink

      Halo Mas Putra,

      Semua orang, Bekasi atau bukan, sekarang bisa bikin atau perpanjang SIM di Mal Pelayanan Publik.
      Dan memang sejak Mal Pelayanan Publik beroperasi, sudah nggak ada lagi SIM keliling.

      Reply
      • July 21, 2018 at 12:44 pm
        Permalink

        Terus mas kalo emg di mal pelayanan publik bisa bikin sim baru pake tes2 yg biasa di lakukan sebelum bikin sim baru di polres gak mas

        Reply
  • July 18, 2018 at 5:16 pm
    Permalink

    Kalau perpanjang SIM A dan SIM C sekaligus apakah biaya surat kesehatan dan asuransi nya masing2?

    Reply
    • July 19, 2018 at 6:47 am
      Permalink

      Halo Uchiet,

      Iyah, sayang nya mereka nggak bisa di gabungin walaupun perpanjang nya besamaan. Jadi tetap harus bayar masing-masing.

      Reply
  • July 21, 2018 at 12:41 pm
    Permalink

    Mas tanya dong emg bener di mal pelayan publik bisa langsung bikin baru sim kalo bisa disana gak pake tes2 lagi dong

    Reply
    • July 23, 2018 at 5:43 am
      Permalink

      Halo Fachrika,

      Untuk bikin SIM baru masih harus ke Polres. Di Mal Pelayanan Publik cuma bisa perpanjang SIM saja.

      Reply
  • August 3, 2018 at 5:45 pm
    Permalink

    hey min saya rumah di kabupaten bekasi . saya bikin ektp baru lama sekali ya di kabupaten bekasi. baru ada kabar dari kecamatan nya malah di bikin KTP SUKET. kalau saya mengajukan pembuatan ektp saya di sana bisa?

    Reply
    • August 4, 2018 at 6:27 am
      Permalink

      Halo Mbak Martha,

      Saya sendiri jujur belum pernah coba, tapi kemungkinan besar sih bisa. Di coba saja ya. Nanti beritahukan disini lagi kalau sudah, bisa atau nggak nya 🙂

      Reply
  • August 24, 2018 at 2:42 pm
    Permalink

    Tes kesehatannya di mana Mas?

    Reply
    • August 26, 2018 at 8:20 pm
      Permalink

      Halo Mbak Ninin,

      Test kesehatan nya ada disana langsung. Seingat saya (sudah 1 tahun-an yang lalu jadi agak lupa), test kesehatan nya itu cuma di tanya koq, suruh baca tulisan, lalu test dengar (nggak obvious, karena ketika petugas ngomong dan kalau kita dengar, berarti kita nggak tuli).

      Reply
  • August 25, 2018 at 11:46 am
    Permalink

    permisi min mau tanya Untuk hari oprasional saptu buka yaa gak ?

    Reply
  • August 30, 2018 at 1:03 pm
    Permalink

    Untuk pembuatan SIM C atau A baru sangat sulit dan banyak dari Aparatur yg menawarkan jasa cepat dengan biaya yg lumayan tinggi kisaran SIM A 700s/d750 dan untuk SIM C antara 650 s/d 700. Semoga untuk warga kab bekasi yg mau bikin SIM baru tolong di pikir-pikir dulu.

    #SalamWargaBekasi

    Reply
    • August 31, 2018 at 6:33 pm
      Permalink

      Halo Bang Dul,

      Saya sudah coba sendiri kok awal tahun ini, bulan Februari, proses nya cepat, paling 10-15 menit untuk satu orang. Yang lama itu nunggu antrian nya. Datang pagian, hindari calo. Langsung saja ke petugas.

      Reply
  • August 31, 2018 at 9:45 am
    Permalink

    Mau tanya pak, disana kan cuma perpanjang sim A & C, kalo perpanjang sim B bisa kah?

    Reply
    • August 31, 2018 at 6:29 pm
      Permalink

      Halo Mbak Yanti,

      Sangat di sayangkan, untuk SIM B tidak bisa di perpanjang di Mal Pelayanan Publik. Untuk SIM B masih di haruskan datang ke Polres.

      Reply
  • September 5, 2018 at 10:08 pm
    Permalink

    Mas, tes praktik nya dipersulit gak ya? karena tahun 2012 lalu sy buat dibuat susah. Jadi banyak yang disuruh ulang.
    prinsip saya sebagai pengemudi ya mesti hati2 kan ya, untuk mendapatkan balance kalau pengemudi motor ya kaki turun menyentuh jalan. Waktu 2012 lalu ujiannya gak masuk akal, rintangannya banyak tapi gak boleh turun kaki (kaki tidak boleh menyentuh jalan, dikira roda 3 kali ya…hadeuhh)
    prinsip saya sih pelan pelan turun kaki gak masalah kann yang penting hati-hati dan selamat.

    saya nyerah dan akhirnya pakai calo, karena waktu saya gak mungkin bolak-balik ke polres dan kalau berkali -kali gagal sama saja dengann ongkos ke calo mas.

    sekarang ujian tes prakteknya masih aneh aneh gak ya mas?

    Trims

    Reply
    • September 6, 2018 at 6:06 am
      Permalink

      Halo mbak Lisda,

      Kalau perpanjang nggak perlu pake test praktek lagi koq.
      Sejak saya dulu pertama kali buat SIM (pake calo 😛 ) sampe terakhir bulan Februari 2018 kemarin (nggak pake calo lagi :p), saya nggak pernah di minta test praktek lagi tuh.

      Untuk bikin SIM baru, memang harus test praktek. Melihat keadaan sekarang, harusnya sih nggak di persulit lagi yah. Kecuali ada oknum-oknum nakal.

      Reply
  • September 7, 2018 at 1:40 pm
    Permalink

    terimakasih informasinya mas

    Reply
  • September 8, 2018 at 7:37 am
    Permalink

    sim saya sebelumnya ktp bekasi tapi sklo mw perpanjang dgn ktp jakarta yg sekarang bisa tidur min???

    Reply
  • September 16, 2018 at 4:38 pm
    Permalink

    hallo mas, apakah layanan sim keliling d lotte mall bekasi masih ada hingga hari ini? Terimakasih

    Reply
    • September 17, 2018 at 7:01 am
      Permalink

      Halo Christina,

      Yup Sim keliling masih ada kok di Mal Pelayanan Publik, Lotte Mart Bekasi Junction. Datang pagian yah.

      Reply
  • September 19, 2018 at 3:06 pm
    Permalink

    hallo pak Jonathan …
    untuk bikin sim A test prakteknya menggunakan mobil matic atau manual ya ?
    dan berapa lama waktunya sim A sudah ada di tangan kita ?

    Reply
    • September 20, 2018 at 6:42 am
      Permalink

      Halo Pak Deny,

      Jujurnya saya kurang tahu sekarang. Kalau jaman saya dulu sih (15 tahun yang lalu) pakai mobil manual. Untuk berapa lama, kalau perpanjang cuma butuh kira-kira 15 menit di hitung dari sejak nama saya di panggil (antrian nya bisa berjam-jam, makanya datang pagi super recommended), kalau buat baru sampai SIM ada di tangan, mungkin kurang lebih 1 minggu. Mungkin pembaca lain nya ada yang bisa koreksi atau kasih info baru yang lebih update. Thanks.

      Reply
  • September 28, 2018 at 9:05 am
    Permalink

    Maaf pak, saya ingin bertanya kalo biaya pembuatan sim baru kira kira berapa yah pak dibulan ini pak?

    Dan kalo boleh tau lokasi porles bekasi itu yg dekat kantor walikota engga pak ?

    Selebihnya terima kasih

    Reply
    • September 29, 2018 at 5:51 am
      Permalink

      Pagi Pak Muhammad,

      Harganya seharusnya masih sama seperti yang saya tulis 🙂

      Bikin Baru SIM A
      Kesehatan: Rp. 25,000
      SIM: Rp. 120,000
      Asuransi: Rp. 30,000
      Total: Rp 175,000 (Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah)

      Bikin Baru SIM C
      Kesehatan: Rp. 25,000
      SIM: Rp. 100,000
      Asuransi: Rp. 30,000
      Total: Rp. 155,000 (Seratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah).

      Untuk Polres Bekasi, letak nya di samping Pengadilan Negri Klas 1A Bekasi, di Jalan Pramuka Bekasi.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *